3 Cara untuk Mengukur Keberhasilan SEO

3 Cara untuk Mengukur Keberhasilan SEO

Swisslearninggroup. – Sangat sulit untuk mengukur keberhasilan atau kegagalan mutlak dari kampanye SEO. TI tergantung pada banyak faktor, termasuk jenis bisnis yang Anda jalani, konsumen yang Anda targetkan, dan wilayah yang Anda layani. Namun, selalu ada tiga KPI yang selalu umum dan berguna dalam mengukur seberapa sukses kampanye SEO Anda. Kami memperhatikan masing-masing dari mereka.

  • ┬áPeringkat

Menurut sebuah penelitian, situs web yang berada pada peringkat di halaman pertama Google menerima lebih dari 90% dari total lalu lintas. Itu menggarisbawahi pentingnya memiliki peringkat yang baik di Google, atau mesin pencari populer lainnya seperti Bing dan Yahoo. Ini mengarah pada fakta bahwa peringkat situs web adalah KPI yang paling populer dan paling jelas dalam hal mengukur kesuksesan SEO. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah memantau kata kunci penting yang Anda ingin peringkat situs web Anda dan kemudian melacak perubahan di dalamnya selama beberapa minggu atau bulan.

Jika ada beberapa kata kunci di mana situs web Anda masih tidak peringkat pada halaman pertama maka Anda perlu mengoptimalkannya lebih lanjut. Namun, jika kata kunci terlalu kompetitif, maka mungkin bukan keputusan yang bijak untuk mengoptimalkannya lebih banyak dan itu akan terbayar lebih banyak jika Anda fokus pada kata kunci yang sudah berperingkat baik. Juga, peringkat tidak cukup jika tidak mengarahkan lalu lintas yang cukup ke situs web Anda, jadi sangat penting untuk memonitor lalu lintas yang didorong oleh peringkat halaman pertama juga.

  • ┬áLalu lintas

Lalu lintas sangat tergantung pada ceruk bisnis Anda dan target konsumen. Penyedia solusi teknologi atau situs web informatif akan mengarahkan lebih banyak lalu lintas daripada situs web yang menjual kertas tisu online. Oleh karena itu, penting untuk memantau berapa banyak lalu lintas situs web ceruk bisnis Anda benar-benar mendorong. Strategi SEO yang baik ditambah dengan implementasi yang sukses harus mengarah pada lalu lintas yang cukup melalui pencarian organik saja. Saat mengukur lalu lintas, penting juga diperhatikan kualitas lalu lintas itu. Kualitas lalu lintas dapat diukur menggunakan tiga metrik – halaman per kunjungan, durasi kunjungan rata-rata, dan rasio pentalan. Jika dua yang pertama rendah dan yang terakhir tinggi, sekarang saatnya untuk mempertimbangkan mengubah konten, atau mungkin Anda berfokus pada semua kata kunci yang salah.

 Konversi

Cara terbaik untuk menentukan seberapa sukses kampanye SEO adalah konversi. Konversi memiliki makna berbeda untuk tujuan yang berbeda. Untuk tujuan menghasilkan lebih banyak prospek, konversi berarti berapa banyak permintaan yang telah dibuat mengenai kutipan, janji temu, dan kontak. Jika tujuan Anda adalah menciptakan kesadaran merek, maka konversi akan berarti langganan buletin, berbagi media sosial, unduhan whitepaper, dan brosur. Jika tujuan Anda adalah penjualan, konversi cukup berarti orang-orang yang membeli dari Anda.

 Mengukur keberhasilan kampanye SEO dengan bantuan metrik di atas sangat penting karena membantu menjaga Anda di jalur yang benar. Jika kampanye belum berjalan sebaik yang Anda harapkan, maka akan lebih bijaksana untuk membuat perubahan dalam strategi dan tekniknya. Jika kampanye telah berhasil, maka masuk akal untuk lebih fokus pada strategi yang Anda ikuti dan menambahkan beberapa inovasi.

This entry was posted in Internet and tagged , , . Bookmark the permalink.